Sejarah Desa

Administrator

 Asal muasal berdirinya Desa Balongbesuk yang berada pada wilayah kecamatan Diwek kabupaten Jombang Propinsi Jawa Timur, yang terletak di wilayah paling utara kecamatan Diwek dan berbatasan langsung dengan wilayah kecamatan kota Jombang, tidak dapat dipisahkan dengan nama Kyai dan Nyai Dasimah.

Kyai Dasimah berasal dari Kudus dan Nyai Dasimah berasal dari Demak Jawa Tengah, adalah prajurit kerajaan  Singosari Malang. Karena peperangan yang terjadi saat itu, maka rombongan prajurit Kerajaan Singosari terpecah menjadi 2 rombongan. Rombongan yang satu singgah ke wilayah Mojopahit (Mojokerto) dan rombongan yang satunya lagi tersesat sampai  ke wilayah Jombang yang waktu itu masih merupakan sebuah hutan.

Rombongan Kyai dan Nyai Dasimah singgah disebuah tempat yang memiliki sumber mata air yang jernih, dimana genangan airnya karena sangat jernih menjadi kelihatan kebiru-biruan. Mereka kemudian membabat alas wilayah tersebut dan memberikan nama wilayah tersebut dengan Balongbiru, yang artinya danau atau waduk atau rawa yang airnya berwarna biru.

Sedangkan rombongan yang lain singgah di wilayah yang saat itu terdapat pohon Mojo yang berjajar sebanyak 9 buah. Kemudian wilayah tersebut diberi nama Mojosongo, yang artinya wilayah yang ada pohon Mojo berjajar sembilan. Dan selanjutnya kedua wilayah tersebut digabung menjadi satu dengan nama Desa Balongbesuk.

Kyai dan Nyai Dasimah serta beberapa rombongannya akhirnya menetap dan dimakamkan di dekat sumber mata air tersebut. Hingga sekarang masyarakat Desa Balongbesuk masih menghormati mereka selaku pendiri Desa dengan mengadakan kegiatan Ruwatan Desa. Kegiatan Bersih Desa atau Ruwatan Desa itu dengan cara memotong kerbau dan kambing, serta masyarakat membawa tumpeng yang ditaruh di Punden atau makam Balong tempat Kyai dan Nyai Dasimah dimakamkan. Kemudian juga diadakan pertunjukan Wayang Krucil dengan judul “Babat Alas Balongbiru”.

Desa Balongbesuk secara administratif terbagi menjadi 2 dusun, yaitu Dusun Balongbesuk dan Dusun Mojosongo. Desa Balongbesuk sampai sekarang telah dipimpin oleh 7 orang Kepala Desa, yaitu :

  1. Bapak Singodimejo
  2. Bapak Haji Usman
  3. Bapak Benti
  4. Bapak Haji Baidhowi (Bapak Anis)
  5. Bapak Suharto
  6. Ibu Bidayati
  7. Bapak Mochamad Saifur (sampai sekarang)


Aparatur Desa

APBDesa 2019

Peta Desa